Berita PIONERING PENTING !


Kamis, 19 Mei 2016 - 15:35:59 WIB Administrator 6302x


Malang – Pionering adalah proses kegiatan membuat bangunan yang terbuat dari tali temali dan tongkat untuk digunakan sesuai dengan objeknya. Pionering ini melekat atau identik dengan kegiatan pramuka.

Biasanya pionering ini dijadikan ajang perlombaan di setiap kegiatan pramuka. Peserta diminta untuk membuat sebuah bangunan untuk digunakan dalam kegia‎tan sehari-hari atau bangunan darurat.

Misalnya, pembuatan menara, gapura, gardu, jembatan, perlengkapan perkemahan, tandu dan lain-lain. Bahan dasarnya bisa terbuat dari kayu, besi, rotan atau bambu.

Kak Arief Bekti selaku Anggota Brigadir Penolong dari Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur mengatakan, karena begitu pentingnya tali temali, makan pionering menjadi sesuatu yang wajib bisa dilakukan oleh setiap anggota pramuka.

“Pramuka wajib bisa tidak hanya tahu, bisa mengunakan tali mengerti definisi tali temali, yaitu sangat mengingat dengan kuat, dengan cepat, dan mudah dilepas,” kata Arief kepada Humas Kwarnas, di Bumi Perkemahan Selorejo Malang, Sabtu (14/5/2016)

Pionering atau proses tali menali,secara lebih luas bisa dikembangkan untuk dunia pertolongan korban bencana atau kegiatan outdor. Contoh kata Kak Arief, penyelamatan ditebing atau digedung, atau penyelamatan di air.

“Bisa untuk flayer rescue water rescue, jungle rescue semua tidak lepas dari ilmu tali temali,” tuturnya.

Adapun dalam dunia perlombaan, pionering bisa dinilai dari kerapian tali, kebenaran tali, ‎kekuatan tali, dan kecepatan. “Kalau mereka, menggunakan simpul jangkar, dan simpul tongkat atau simpul menyambung tongkat itu harus bisa kita implementasikan di perlombaan ini,” jelasnya.

Kedatangan Kak Arief di Malang, tidak lain untuk menjadi juri dari perlombaan pionering dalam kegiatan Perkemahan Nasional Kesehatan ke III 11-15 Mei 2016 di Selorejo Malang. Jumlah pesertanya mencapai 662 dari Polteknik Kesehatan seluruh Indonesia. (HA/Humas Kwarnas).


Komentar: