Berita Pesta Siaga III Pramuka Universitas Mulawarman Tahun 2016


Sabtu, 04 Juni 2016 - 19:54:54 WIB Administrator 654x


Samarinda-Pesta Siaga Universitas Mulawarman merupakan agenda kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Pramuka Universitas Mulawarman,  diperuntukkan bagi Pramuka yang berusia siaga yaitu antara 7 sampai 10 tahun. Kegiatan ini sudah terlaksana untuk yang ketiga kalinya di Universitas Mulawarman. Pesta siaga kali ini diselenggarakan pada tanggal 04 Juni 2016 di GOR 27 Universitas Mulawarman. Diikuti oleh SD/sederajat se-Kota Samarinda dengan total peserta kurang lebih 80 orang anggota pramuka. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Ir. H. Encik Akhmad Syaifudin, MP selaku Pembina upacara dalam rangkaian Upacara Pembukaan.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menambah ilmu pengetahuan anak-anak Pramuka Siaga dalam berbagai bidang  keprofesian. Selain itu juga untuk membangkitkan kreatifitas dan kemandirian yang dibangun melalui permainan-permainan menarik dan menyenangkan. Anak-anak diajak untuk bisa bermain dengan riang gembira sambil mempelajari hal-hal baru bagi mereka. Nilai lainnya yang mereka dapatkan adalah semakin meningkatkan Nasionalisme dan kecintaan terhadap alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Sesuai dengan tema kegaitan kali ini yaitu “Bermain, belajar, dan Bergembira bersama”.

Pada kegiatan Pesta Siaga kali ini ada berbagai macam kegiatan, diantaranya menjadi profesi yang ada di masyarakat dalam rangkaian acara “Cita-citaku”. Berbagai macam profesi yang hadir yaitu, Pemadam Kebakaran, Kepolisian Resort Kota Samarinda, Relawan Bencana BPBD Kaltim, Dinas Peternakan, TNI, Kantor POS, dan Perpustakaan Daerah. Seluruh anak-anak yang hadir sangat antusias dalam menjalani kegiatan. Hampir sama dengan kegiatan-kegiatan sebelumnya mobil pemadam kebakaran yang membawa anak-anak jalan berkeliling diatas mobil mereka menjadi cita-cita paling diminati.

Selain “Cita-citaku” dalam kegiatan pesta siaga ini juga menyelenggarakan berbagai macam lomba-lomba. Lomba-lomba tersebut diantaranya Meniti Jejak(Penjelajahan), Games Estafet (terdiri dari talang bola, masukkan paku dalam botol, dan pecah balon), Lomba membaca puisi, dan Peragaan Busana dari koran dan pelastik.  Semua lomba berjalan dengan lancar dan baik diikuti oleh seluruh peserta. Juara umum dari kegiatan ini dimenangkan oleh putra SLB Pelita Bunda dan Putri dari SDN 012 Samarinda.(AD/AF)


Komentar: