Berita JAMBORE NASIONAL KE-X TAHUN 2016


Sabtu, 06 Agustus 2016 - 09:19:09 WIB Administrator 8101x


Jambore adalah Pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk Perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka dari tingkat yang paling ranting sampai tingkat nasional. Bahkan diduniapun diselenggarakan kegiatan serupa yang biasa disebut Jambore Dunia (World Scout Jamboree). Jambore di dunia berkembang ketika diselenggarakan pada tahun 1920 di Inggris. Mulai dari itu sampai sekarang telah terselenggara 23 kali Jambore Dunia.

Jambore Nasional (Jamnas) adalah Pertemuan Pramuka Penggalang se-Indonesia dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Nasional (Kwarnas). Jambore Nasional dilaksanakan setiap 5 tahun sekali dengan peserta dari perwakilan seluruh Kabupaten dan Kota se-Indonesia. Jambore Nasional pertama kali dilaksanakan pada tahun 1973 di Situ Baru Jakarta.Jambore merupakan kegiatan rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar Pramuka Penggalang sebagai sarana pembinaan Pramuka Penggalang yang menitikberatkan pada pengembangan diri peserta yang terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.

Jambore Nasional tahun 2016 sudah memasuki yang ke X, sebelumnya Jambore Nasional yang IX tahun 2011 di selenggarakan pada tanggal 02 s.d 9 Juli 2011 diadakan di Bumi Perkemahan Teluk Gelam, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), dan Sub-Camp Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, Jamnas IX 2011 ini memiliki tema: “Bersatu Teguh Menuju Indonesia Gemilang” dan motto: “Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan”, Pada Kegiatan tersebut Salah Satu Anggota dari Pramuka Universitas Mulawarman Yakni Kakak OKY PAREDANUM pernah Menjadi Peserta pada saat masih di golongan Penggalang, Kak Oky sapaan sehari-hari Menjadi kontingen Daerah Kwartir Daerah Kalimantan Timur yang berasal dari Kwartir Cabang Kabupaten Berau.

Jambore Nasional yang ke X tahun 2016 Ini akan diselenggarakan pada tanggal 14 s.d. 21 Agustus 2016, Jambore Nasional Tahun ini terlihat Lebih istimewa dikarenakan bertepatan pada Hari Pramuka  yang ke- 55 dan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke- 71, diadakan di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Provinsi DKI Jakarta, Jamnas X 2016 ini memiliki tema: “Keren Gembira Asyik ” dan motto: “Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan”


Komentar: