Berita Hebat Bentuk Komunikasi Nasional Internasional, Pramuka Adakan Jota Joti


Rabu, 12 Oktober 2016 - 14:43:27 WIB Administrator 681x


Jakarta, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka akan menggelar kegiatan Jambore On The Air dan Jambore On The Internet (JOTA – JOTI) yang perpusat di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur Jakarta Pusat 14-16 Oktober 2016.

Kegiatan yang mengambil tema “Discover Our World” ini dimaksudkan untuk membangun komunikasi antar anggota Pramuka baik di tingkat Nasional maupun dunia. Komunikasi ini terkait saling tukar informasi mengenai kegiatan Pramuka di daerah maupun di negara lain.

“Kegiatan ini akan menghubungkan satu daerah ke daerah yang lain melalui radio dan internet, sehingga tercipta komunikasi yang baik antar sesama anggota Pramuka,” ujar Kak Lusia Adinda Lebu Raya, Waka Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Kominfo, Sabtu (8/10/2016).

Selain bisa menambah persahabatan, kegiatan ini bisa menambah wawasan dan ketrampilan anggota Pramuka dalam mengoperasikan perangkat radio amatir  dan internet‎. “Jadi kita ingin mengarahkan anggota Pramuka agar lebih tahu dalam memaksimalkan dan memanfaatkan teknologi informasi untuk hal yang positif,” jelasnya.

Sementara itu Dewan Kerja Nasional Kwarnas Kak Affriani Damalianti‎ mengatakan, untuk menyambungkan komunikasi antar anggota Pramuka baik di tingkat Nasional dan Internasional, Kwarnas bekerja sama dengan ORARI. Kegiatan ini berlangsung serentak setiap Minggu kedua bulan Oktober.

“Jadi untuk JOTA kita menggunakan saluran radio amatir kerja sama dengan ORARI. Sedangkan untuk JOTI kumunikasinya melalui MIRC atau IRC,” tuturnya.

Jika komunikasi JOTA menggunakan suara, maka komunikasi JOTI hanya dengan chat. Kak Affri menuturkan, kegiatan ini menarik karena akan diisi dengan diskusi tematik, tentang penguatan SAKA dan juga rencananya ada lomba desain.  ‎

“Sampai saat ini alat kumunikasinya masih menggunakan MIRC, tapi nanti bisa juga dibarengi dengan Facebook, Line dan media sosial yang lain,” terangnya.

Di tingkat dunia kegiatan JOTA ‎berlangsung ke-59, sedangkan JOTI ke-20. Adapun di Indonesia kegiatan tersebut sudah berlangsung cukup lama. Untuk JOTA ke-79, sementara JOTI ke-37.

Peserta JOTA JOTI di pusat berjumlah 600 orang Pramuka Penggalang dan Penegak. Mereka terdiri dari Kwarda DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat. Kak Affri mengatakan, dalam kegiatan ini tidak ada kemah.

“Tidak ada kemah, setiap Kontingen akan dijadwal kegiatannya. Dalam sehari nanti ada Kontingen yang bermain JOTA JOTI kemudian sorenya mereka pulang,” jelasnya. ‎(HA/Humas Kwarnas)


Komentar: