Berita Rayakan HUT Pramuka ke - 53, Secara Sederhana


Jumat, 15 Agustus 2014 - 13:38:13 WIB Administrator 2381x


Pramuka Unmul- Gerakan Pramuka hari ini (14/08) telah memperingati hari jadinya yang sudah ke-53 tahun. Tidak terasa sudah setengah abad lebih organisasi pendidikan non-formal ini berdiri. Diumur yang sudah bisa dikatakan cukup tua tersebut organisasi ini juga sudah memiliki banyak sekali kemajuan dan telah melahirkan orang-orang yang luar biasa dalam menjalankan estafet pemerintahan di negara kita ini.

Hari ini secara serentak di seluruh Indonesia dirayakan upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka yang diikuti hampir oleh sebagian besar pengurus aktif pramuka. Mulai dari tingkat Ranting(Kecamatan) sampai ke Nasional yang dihadiri oleh Presiden. Dari siswa Sekolah Dasar sampai ke perguruan tinggi. Dari yang masih kecil, remaja, dewasa, bahkan lanjut usia, militer, polisi, rakyat biasa. Semua tidak kalah semangat untuk ikut berpartisipasi.

Pramuka Universitas Mulawarman yang merupakan salah satu Gugusdepan Pramuka yang berpangkalan di Perguruan Tinggi Negeri di Kalimantan Timur juga tidak mau ketinggalan untuk mengisi Hari Pramuka ini dengan kegiatan. Kegiatan upacara yang cukup sederhana berhasil terselenggara yang dihadiri oleh unsur dewan racana, ambalan, purna, dan beberapa anggota yang sudah bersedia secara sukarela untuk kembali ke kampus meskipun masih dalam masa liburan sekarang ini. Tanpa iring-iringan drum band, peserta yang minim, tiang bendera yang seadanya dibuat secara kreatif hanya dengan tali dan tongkat, karena memang itulah senjata mereka. Tapi upacara ini tetap berjalan secara khidmat oleh seluruh peserta yang ada.

Dalam kegiatan ini selaku Pembina upacara adalah Kak Septian Murnawianto(purna dewan racana). Beliau menyampaikan bahwa dengan tema Hari Ulang Tahun Pramuka Ke-53 yaitu “Mantapkan Pembentukan Karakter Kaum Muda Melalui Gugusdepan Terakreditasi” dengan adanya momen Hut Pramuka ini tentunya kita harus terus meningkatkan kegiatan-kegiatan kita yang sudah ada untuk bisa terus rutin dan kontinyu dalam melakukan pembinaan dan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan ini meskipun hanya seremonial dilaksanakan dengan upacara saja, akan tetapi apabila kita mampu untuk mendalami makna sesungguhnya dari hari pramuka itu sendiri kita akan menemukan arti sebuah perjuangan. Perjuangan untuk membina kaum muda secara non-formal, berkelanjutan, dan menyeluruh untuk memperisiapkan cikal bakal generasi penerus bangsa yang lebih baik. Tidak hanya pintar secara intelektual saja tetapi juga spiritual dan sosialnya juga harus bisa dimaksimalkan.

Mempersiapkan pribadi-pribadi yang siap terjun ke masyarakat. Mereka-mereka yang siap untuk mengabdi pada negara ini secara sukarela karena sudah dibiasakan dengan hal tersebut. Perjuangan harus terus dilanjutkan sampai tiba saatnya nanti di seluruh Indonesia semua rakyatnya paham apa yang menjadi maksud dan tujuan adanya Gerakan Pramuka ini, dan pada saat itu semua orang sudah berstatus sebagai anggota pramuka yang aktif.

 


Komentar: